Wednesday, April 20, 2011

Pilih Futsal Karena Sepakbola Indonesia Bikin Kesal

Pilih Futsal Karena Sepakbola Indonesia Bikin Kesal


Di Indonesia, sepakbola adalah olahraga rakyat. Di mana-mana bertebaran klub-klub sepakbola. Hampir setiap kelurahan, RW atau RT mempunyai klubnya masing-masing. Di mana-mana tersedia lapangan luas untuk bermain bola. Dari klub anak-anak sampai orang dewasa sering mengadakan pertandingan, baik persahabatan atau perebutan kejuaraan. Tapi itu dulu.
Sekarang tiba-tiba football bertransformasi menjadi futsal. Ketika tanah lapang menghilang menjadi perumahan, mall-mall dan gedung perkantoran, hasrat bermain bola menemukan wadahnya dalam futsal. Anak-anak dan remaja pun beramai-ramai membentuk regu futsal. Memang futsal sedikit lebih mahal, sewa tempat bermain saja sampai ratusan ribu. Tapi apa boleh buat demi menyalurkan kesenangan yang sudah ada sejak anak-anak, bermain bola, urunan pun dilakukan asalkan senang dan sehat.
Tetapi bukan hanya tanah-tanah lapang sudah lenyap di mana-mana itu saja yang menjadi sebab. Banyak hal yang membikin masyarakat penggemar bola sudah kehilangan gairah bersepak-bola. Berikut ini daftar hal-hal yang membuat kita kesal dengan sepakbola Indonesia.
1.Selama ini kesebelasan Nasional tidak pernah memenangkan kejuaraan di tingkat Asean sekalipun, apalagi di tingkat dunia. Eh, malah tim futsal kita menang di AFF (Asean Football Federation) Futsal 2010 atas Malaysia 5-0 dalam partai final di Stadion Thu Po, Ho Chi Minh City, Vietnam (11/4)
2.PSSI sebagai wadah pembinaan persepakbolaan nasional hanya bisa ribut di internal organisasi, korup dan berebut kursi. Bagaimana bisa membina persepakbolaan dan suporter dengan baik kalau PSSI hanya bisa begitu?
3.Suporter sepakbola di daerah-daerah tertentu masih belum mendewasakan diri, masih suka berkelahi dan membikin onar, membuat orang menjadi takut untuk menonton pertandingan sepakbola.
Ketika kondisi-kondisi persepakbolaan Indonesia seperti tersebut di atas yang sudah berlangsung puluhan tahun sedemikian parah dan akut, futsal tiba-tiba muncul dan seperti menjadi pengobat rindu kita akan sepakbola yang asyik dan menyenangkan. Hidup football, eh futsal!

No comments:

Post a Comment