Sunday, May 1, 2011

OLARAGA ITU SEHAT

OLARAGA ITU SEHAT

 Saya rasa, kita semua pasti sudah tahu kalau olahraga itu sangat penting bagi kesehatan. Tapi, sayangnya, dengan alasan waktu luang terbatas, kita kadang tidak sempat melakukannya secara rutin. Bahkan, waktu yang saya gunakan untuk berolahraga bisa dihitung dengan jari, walaupun saya pun tahu pasti bahwa untuk sehat kita harus olahraga.
Dapat dimaklumi, kalau tidak sempat menjadi alasan "wajib" bagi sebagian besar orang. Apalagi bagi mereka yang bekerja, Mungkin Anda termasuk salah satunya. Enam hari dalam seminggu, selama sembilan jam, waktu kita dihabiskan untuk bekerja. Belum lagi bila lokasi kantor jauh dari rumah. Berangkat pagi-pagi buta, sampai rumah sudah gelap gulita. Ditambah rasa lelah yang sudah pasti membuat kita ingin segera beristirahat.















Jadi, kapan kita punya waktu untuk olahraga? Beberapa di antara kita, yang memiliki bujet lebih, biasanya menyiasati keterbatasan waktu dengan menjadi anggota pusat kebugaran yang berada di dekat kantor. Entah itu sebelum bekerja, atau sepulangnya dari kantor, minimal satu jam mereka luangkan di sana.
Nah, buat Anda yang tidak memiliki anggaran untuk berlatih di gym, atau memiliki kewajiban lain yaitu mengurus keluarga di rumah, ada cara-cara lain yang efektif untuk berolahraga. Manfaat yang kita dapatkan sama dengan berolahraga di pusat kebugaran. Bedanya, kita tidak perlu keluar uang dan ada manfaat lain yang bisa didapat, selain tubuh yang sehat dan bugar.
Banyak sekali kegiatan yang bisa kita maksimalkan untuk olah tubuh. Tergantung bagaimana kita menyiasati waktu yang kita punya. Misalnya yang berkaitan dengan dengan kantor. Pernah bike to work? Tidak tertarik untuk mencobanya? Padahal, bersepeda ke tempat kerja, sama dengan olahraga. Selain itu kita juga bisa membantu gerakan mencegah global warming. Memang sih, biasanya kita malas bergabung dengan kegiatan ini karena polusi udara yang begitu tinggi khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta.
Buat Anda yang bekerja di gedung perkantoran, cobalah menggunakan tangga sebagai akses ke lantai tempat Anda bekerja. Naik tangga juga merupakan jenis olahraga yang sama baiknya dengan berlari atau bersepeda, tanpa harus menyediakan waktu khusus. Jangan lupa, parkirlah kendaraan Anda jauh dari pintu masuk, sehingga otomatis Anda harus berjalan lebih jauh juga.
Sadarkah Anda, saat kita fokus dengan pekerjaan, kita tidak menyadari bahwa otot-otot tubuh akan menjadi kaku karena sedikit sekali pergerakan yang kita lakukan. Usahakan untuk meregangkan tubuh setiap 15 menit, sekalian mengistirahatkan mata Anda dari kelelahan. Kita juga masih bisa berolahraga saat pekerjaan menumpuk. Bagaimana? Dengan berjalan ke pantry setiap satu jam sekali. Selain tubuh kita bergerak, Anda pun akan semakin banyak mengonsumsi air putih yang sangat baik untuk tubuh.
Waktu luang yang dimiliki para pekerja kantoran hanyalah akhir minggu. Namun, karena merasa waktu itu sangat berharga, kita sering kali merencanakan acara yang jauh dari kata sehat. Kumpul-kumpul di café bersama sahabat, berkencan dengan kekasih, atau arisan sekalian temu kangen keluarga besar.
Tidak perlu menghilangkan kebiasaan itu, karena acara-acara tersebut baik untuk kesehatan mental. Tapi untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal lagi, tak ada salahnya kan bila lokasi pertemuan diubah. Kumpul-kumpul bersama teman di arena bowling, jalan-jalan di taman bersama kekasih, atau melakukan out bond sekalian arisan bersama keluarga.
Buat Anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tak usah khawatir. Justru Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk membakar kalori. Tak sadarkah Anda, kewajiban untuk mengurus anak, membersihkan rumah, memasak, atau berkebun adalah alternative olahraga yang membuat tubuh Anda sehat dan bugar?
Ternyata dengan kita berolahraga kita dapat menjadikan tubuh sehat.
Siapa bilang kita tidak pernah berolahraga. Setiap hari, secara tidak sadar kita telah melakukan olahraga ringan seperti berjalan, menggerakan anggota tubuh dan lain-lain.
Jika kita belum puas dengan olahraga ringan tersebut, biasanya kita juga berusaha untuk berolahraga sebisa mungkin, seperti lari pagi, bersepeda dan lain-lain.

Jika masih terasa kurang biasanya kita pergi ke sbuah GYM untuk melakukan beberapa jenis olahraga lainnya.

So, jangan malu untuk berolahraga.

No comments:

Post a Comment